Interaksi
Merupakan hubungan yang
terjadi atau terbentuk antara user dan komputer (dalam bidang teknologi)
melalui unit masukan dan keluaran interface.
Interaksi
membantu manusia, apa yang terjadi antara user dan sistem komputer. Sistem
interaksi menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem
yang ada. Hubungan
antara user dan komputer dijembatani oleh antarmuka pengguna (user interface).
Manusia
Manusia dipandang sebagai
sistem yang memproses informasi, yang bisa dijelaskan sebagai berikut :
1.
Informasi diterima dan
ditanggapi dengan proses masukan-keluaran ( IO)
2.
Informasi disimpan didalam ingatan
(memory)
3.
Informasi diproses dan
diaplikasikan dengan berbagai cara.
Komputer
Perangkat elektronik yang
dapat digunakan untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang
mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut.
Pengertian Interaksi Manusia dan
Komputer dan Mengapa IMK
Interaksi Manusia
dan komputer merupakan komunikasi
dua arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer
yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Interaksi manusia dan komputer merupakan
disiplin ilmu yang mempelajari desain,evaluasi, implementasi dari sistem
komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia,beserta studi
tentang faktor-faktor utama
dalam lingkungan interaksinya.” (ACM SIGCHI,1992,p.6)
Prinsip Kerja Sistem
Komputer
User memberi
perintah pada komputer
& komputer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar
tampilan.
Komputer
bekerja sesuai dengan instruksi yg diberikan oleh pengguna.
Latar Belakang
IMK
Sisi Kegunaan
Contoh :
Tombol SAVE atau DELETE pada menu aplikasi komputer yang perlu ada dibandingkan
tombol REFRESH atau EXIT
Sisi Kemudahan
Contoh :
Tombol pada VCR yang terlalu sederhana/sedikit membuat bingung penggunanya. Di
lain hal tombol yang terlalu banyak pada radio mobil membuat orang terancam
bahaya pada saat mengemudikan mobilnya.
Sisi Ketepatan
Contoh : pemilihan struktur
menu yang kurang tepat dapat mengurangi kinerja sistem ataupun pengguna
- Single Menu
- Linier Menu
- Struktur Tree
- Struktur
Cyclic Network
Struktur
Acyclic Network
Sisi Penampilan
Menariknya tampilan suatu sistem dari sisi developer dengan user tidak
selalu sama.
Tujuan IMK
1.
Menghasilkan sistem yang
dapat digunakan (usable), memiliki manfaat (useful), dan mudah dioperasikan
oleh user (user friendly)
2.
Fungsionalitas,
fungsi-fungsi yang ada dalam sistem yang dibuat sesuai dengan perencanaan
3.
Keamanan, apakah sistem yang
kita buat memiliki tingkat pengamanan data atau tidak.
4.
Efektifitas dan efisiensi,
berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem yang dibuat
harus berfungsi dengan baik
5.
Untuk memudahkan manusia
dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang
diperlukan user.
Antarmuka Manusia dan Komputer
Antarmuka pengguna merupakan
bagian sistem yang dikendalikan oleh user untuk mencapai dan melaksanakan
fungsi-fungsi suatu sistem
Pengguna
hanya boleh berinteraksi dengan sistem melalui antarmuka pengguna
Prinsip
sebuah sistem komputer adalah masukan, proses, keluaran ( Input, Process,
Output )
Sebuah
sistem antarmuka pengguna memiliki peranti masukan (seperti keyboard, mouse,
dan media input lainnya), peranti keluaran (seperti monitor, printer), masukan
dari pengguna (seperti garis, gerakan mouse dan ketikan keyboard) dan hasil
yang dikeluarkan oleh komputer (seperti grafik, bunyi dan tulisan).
Yang
diperhatikan dalam pembuatan User Interface
Dilihat
dari kebutuhan user
Analisa
dari sistem analis
Kreativitas
dari pembuat sistem
User Interface
(Antar Muka Pengguna ) Interface
seperti apa yang diinginkan oleh user???
Interface
harus user-friendly, yaitu :
–
Tampilan yang bagus/menarik
–
Mudah dioperasikan
–
Mudah dipelajari
–
User merasa nyaman dan
senang menggunakan software tersebut
Antarmuka
yang berkualitas tinggi yg dikagumi oleh
orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.
Suatu antarmuka/interface yang
dibuat seharusnya tidak
hanya dapat dilihat, disentuh atau
didengar, tetapi juga
mencakup konsep,kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus
dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.
Interface
mampu menampilkan informasi dalam format dan dalam langkah yang disesuaikan
dengan penggunanya.
Interface
harus dapat terintegrasi dengan sistem komputer user.
Interface
memiliki kualitas tinggi dimana setiap kebutuhan user dapat terpenuhi
Yang Terlibat dalam IMK
User
PC/Laptop
Bidang Studi/Ilmu Yang Berperan
Teknik Elektronika/ Ilmu
Komputer, memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI.
Psikologi,memahami
sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik
pengguna.
Perancangan Grafis dan
tipografi, sebuah gambar dpt bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dpt
digunakan sbg sarana yg cukup efektif
utk dialog antara manusia dan komputer.
Ergonomik, aspek
fisik utk mendapatkan lingkungan kerja yg nyaman. Misal: bentuk keyboard,
mouse, posisi duduk,dll .
Antropologi, utk
memahami cara kerja berkelompok yg masing-masing anggota bekerja sesuai dgn
bidangnya.
Linguistik, utk
melakukan dialog diperlukan komunikasi yg memadai menggunakan bahasa khusus;
spt: bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah.
Sosiologi, studi
tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya
PHK karena otomasi kantor.
0 comments:
Post a Comment